Langkah Memulai Hidup Sehat yang Bisa Kita Lakukan

Ingin melakukan beberapa langkah memulai hidup sehat memang bukan hal yang mudah. Kita perlu menyesuaikan dengan usia, jenis kelamin, gimana aktifitas fisik kita, kondisi kesehatan sampai urusan kebiasaan makan. Ribet tapi hasilnya akan bagus untuk kesehatan kita.

Langkah Memulai Hidup Sehat

1. Konsumsi Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang


langkah memulai hidup sehat


Hal yang paling utama untuk memulai hidup sehat adalah mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Cuma memang nggak mudah menerapkannya di tengah ketersediaan beragam junk food yang menggoda selera.

Nggak masalah. Kita bisa mendata semua makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Lalu meng-klasifikasikannya menjadi makanan sehat atau nggak. Punya kandungan gizi atau nggak.

Setelah itu, pastikan makanan-makanan itu mengandung protein, karbohidrat, serat, mineral dan vitamin. Kalau memang ada yang belum tersedia. Kita tinggal menambahkan makanan yang mengandung gizi tersebut.

Selain itu, kita perlu memperhatikan gimana proses pembuatan makanannya. Pilih bahan makanan yang alami dan pastikan nggak ada campuran bahan-bahan kimianya.

2. Rutin Berolahraga

Langkah memulai hidup sehat selanjutnya adalah rutin berolahraga. Nggak perlu olahraga yang berat. Cukup yang ringan saja tapi kita lakukan secara konsisten, minimal 30 menit setiap hari.

Kita bisa jalan kaki, aerobic, berenang, senam atau jogging. Ada manfaat olahraga yang benar dalam waktu yang tepat, sebagai berikut:

  1. Memperlancar peredaran darah.
  2. Menguatkan otot dan tulang.
  3. Kita semakin sehat.

3. Kelola Stres dengan Baik

Nggak ada orang yang nggak punya beban hidup. Dan yang namanya beban hidup pasti membawa tingkat stres masing-masing. Bedanya adalah gimana kita mengelola stres tersebut.

Saat stres melanda, maka kita akan menemukan gejala fisik yang mungkin kita rasakan, seperti sakit kepala, sakit perut, tekanan darah tinggi, dada terasa sakit sampai insomnia.

Kita bisa selalu mengatasi stres dengan mengambil waktu untuk bersantai dan melakukan berbagai hal yang kita sukai. Kayak berkebun, membaca novel atau sekedar jalan-jalan.

Yoga atau meditasi juga bisa membuat kita terhindar dari stres lho. Lebih dari itu, rasa syukur akan membuat pikiran dan hati kita tenang.

4. Rutin Check Up

Memulai langkah hidup sehat bisa dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rutin. Ada beberapa manfaat check up secara rutin, yaitu:

  1. Cepat mendeteksi masalah medis di tubuh kita.
  2. Mencari tahu risiko masalah medis di masa depan sehingga bisa kita lakukan pencegahan.
  3. Memperbaiki cara hidup kita yang mungkin belum termasuk dalam gaya hidup sehat.

5. Istirahat yang Cukup

Pada akhirnya, kita harus memberikan waktu istirahat yang cukup untuk tubuh dan pikiran kita. Atur jam tidur kita agar selalu terpenuhi. Gimana kalau kita sulit tidur?

Kita bisa mencoba untuk mandi air hangat, membaca buku atau mendengarkan musik untuk membuat tubuh jadi lebih rileks. Sehingga kita akan mudah terlelap.

Kesimpulan

Sebenarnya kalau kita mau melakukan langkah memulai gaya hidup sehat itu mudah kok. Cuma kadang kita nggak konsisten melakukannya. Sehingga, terlihat lebih sulit.

Jadi, mulai dari sekarang. Mencatat semua makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Biar mudah menentukan gizi apa saja yang perlu kita tingkatkan atau makanan yang perlu kita kurangi.

Lakukan juga langkah yang lain sampai ke urusan waktu istirahat. Karena itu juga penting untuk hidup yang lebih sehat.

Posting Komentar

0 Komentar