Pilihan Makanan Sehat untuk Kita Konsumsi Setiap Hari

Menjaga kesehatan itu penting di semua musim. Salah satunya dengan memastikan pilihan makanan sehat yang kita konsumsi. Biar nggak mudah sakit. Karena makanan sehat bisa menjadi sumber nutrisi yang diperlukan tubuh. Jadi, apa saja pilihan makanan tersebut?


Pilihan Makanan Sehat


Pilihan Makanan Sehat untuk Kita Konsumsi

1. Sayuran

Meski kadang kala, banyak anak yang nggak doyan sama sayuran. Nyatanya, sayuran tuh mengandung banyak nutrisi penting, seperti serat, vitamin A, C, K, Magnesium, Kalium, Zat Besi, Folat dan Kalium. Semua nutrisi ini baik buat kesehatan.

Selain itu, sayuran juga bagus untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi berbagai risiko penyakit kronis. Hal ini karena sayuran juga mengandung antioksidan.

Biasanya, aku akan sedia sayuran, seperti bayak, kangkung, sawi, selada, timun dan lain-lain.

2. Buah-buahan

Pilihan makanan sehat selanjutnya adalah buah. Karena buah juga mengandung serat, mineral, vitamin dan antioksidan. Kurang lebih samalah dengan sayuran.

Beberapa pilihan buah yang sering kusiapkan untuk kebutuhan nutrisi di rumah, yaitu apel, jeruk, pisah, pepaya dan nanas. Kadang-kadang aku mengonsumsinya dalam bentuk jus, kayak alpukat, jambu dan buah naga.

3. Daging dan Telur

Selain serat dan vitamin. Tubuh juga membutuhkan kandungan protein. Salah satu pilihan makanan yang mengandung protein adalah daging dan telur.

Ada beberapa kandungan nutrisi yang tersedia di daging dan telur, seperti protein, vitamin, mineral, lemak tak jenuh dan zat besi.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Selain ketiga jenis makanan tersebut. Ada pilihan makanan sehat lain yang diperlukan tubuh yaitu kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang tanah, kacang mete, chia seed dan lain-lain.

Jenis makanan ini mengandung protein, serat, vitamin dan mineral.

5. Ikan dan Makanan Laut Lainnya

Menjadi keuntungan tersendiri bagiku yang tinggal di daerah pesisir. Karena hasil laut juga termasuk pilihan makanan sehat yang kaya akan asam lemak, omega-3 dan yodium.

Beberapa jenis makanan laut yang bagus untuk kita konsumsi adalah tuna, salmon, udang dan lain-lain. Kalau aku sih biasa mengonsumsi ikan layang atau seadanya gitulah.

6. Susu dan Produk Olahannya

Terakhir ada susu dan produk olahannya. Bagi yang nggak susu sepertiku maka bisa mengonsumsi produk olahannya, seperti keju dan yoghurt.

Susu juga termasuk sumber protein hewani, vitamin, kalsium, mineral dan lemak baik. Jadi, nggak salah sih kalau kubilang susu adalah pilihan makanan sehat. Minuman ya lebih tepatnya.

Kesimpulan: Jangan salah Pilih Makanan Sehat

Ada begitu banyak pilihan makanan sehat untuk kita konsumsi. Oleh karena itu, jangan salah pilih makanan ya! Pilih makanan-makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar