Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan yang Bisa Kita Lakukan

Saat musim hujan ada beberapa penyakit yang rentan menyerang pertahanan kita. Beberapa di antaranya adalah flu, demam, malaria, alergi di kulit, diare, infeksi pernapasan dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus punya cara menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa kita lakukan.

Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

1. Bawa Perlindungan dari Hujan Saat Bepergian


Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan


Cara pertama agar kesehatan kita senantiasa terjaga meski saat musim hujan adalah dengan membawa perlengkapan sebagai perlindungan diri dari hujan.

Kita bisa membawa payung atau jas hujan tergantung kebutuhan. Jangan lupa mengenakan jaket juga ya! Biar tubuh kita tetap hangat.

2. Lakukan Pencegahan Malaria dan atau Demam Berdarah

Salah satu masalah yang mungkin timbul saat musim hujan adalah nyamuk. Sementara itu, nyamuk merupakan perantara penyakit demam berdarah atau malaria.

Nggak berlebihan kalau kupikir cara menjaga kesehatan di musim hujan kedua adalah lakukan pencegahan terhadap penyakit malaria dan atau demam berdarah.

Kita bisa menggunakan kelambu atau memasang obat anti nyamuk. Selain itu, kita juga bisa melakukan langkah antisipasi, yaitu:

  1. Menutup rapat tempat penampungan air.
  2. Kubur sampah yang mungkin bisa menampung air.
  3. Semprotkan desinfektan untuk memutus siklus hidup nyamuk.

3. Hindari Makanan yang Nggak Higienis

Salah satu tips menjaga kesehatan di musim hujan adalah asupan makanan yang higienis dan bergizi ke tubuh kita. Menurutku, akan lebih baik kalau kita nggak makan atau jajan di sembarang tempat yang kita nggak tahu gimana proses pengolahan makanannya.

Pastikan pula, kita mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin D. Kandungan ini sangat bagus untuk kekebalan tubuh.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Kita tahu bahwa tubuh kita sebagian besar tersusun oleh cairan. Meski begitu, kita tetap harus memastikan asupan air putih kita tercukupi sekali pun musim hujan.

Seenggaknya ada manfaat yang akan kita rasakan saat kebutuhan air putih tercukupi, yaitu:

  1. Terhindar dari bahaya dehidrasi.
  2. Air dapat menetralisir makanan yang masuk dalam tubuh kita.

Selain air putih, kita juga bisa mengonsumsi minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Misalnya, air rebusan jahe, teh hijau dan lain-lain.

5. Jaga Kebersihan Diri

Mau itu musim hujan atau kemarau. Cara terbaik menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan diri. Mengapa?

Kita memang nggak bisa melihat bakteri dan virus pembawa penyakit. Bahkan tempat yang terlihat bersih belum tentu bebas dari keduanya.

Tapi, bukan berarti kita bisa hidup seenaknya. Pastikan saja kita menjaga kebersihan diri melalui beberapa cara, yaitu:

  1. mandi secara rutin.
  2. mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum memegang sesuatu, khususnya makanan.

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat atau tidur yang cukup juga bagus lho untuk kesehatan. Dengan tidur, sistem kekebalan tubuh akan terjaga. Sehingga, kita nggak mudah terserang penyakit, seperti flu dan kawan-kawannya.

7. Rajin Olahraga

Jangankan musim hujan. Saat kemarau pun kadang kita banyakan magernya. Lebih suka rebahan sambil scroll sosmed. Benar nggak?

Padahal, rajin berolahraga tuh bikin badan semakin sehat. Latihan sehari-hari juga akan mencegah infeksi kuman dan bakteri. Kadang dapat bonus tubuh langsing.

Nggak perlu latihan yang berat sih. Cukup gerakan yang ringan saja tapi konsisten setiap hari, seperti jalan santai misalnya.

Kupikir itulah 7 cara menjaga kesehatan di musim hujan. Kita bisa melakukannya biar terhindari dari beragam penyakit yang mengintai siap menyerang kita.

Selanjutnya, coba deh cari tahu mengenai makanan sehat yang bisa kita konsumsi sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar