4 Jajanan Tradisional Indonesia Berbahan Singkong

Ada banyak sekali jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong. Mungkin karena tanaman singkong tumbuh baik di negara ini. Makanya jumlahnya melimpah.

Hal tersebut mungkin menginspirasi orang-orang zaman dulu untuk membuat berbagai makanan dari singkong. Termasuk membuat aneka jajanan yang rasanya enak banget.

Jajanan tradisional Indonesia berbahan singkong ini tak lekang oleh waktu. Penggemarnya masih cukup banyak sekalipun telah hadir berbagai eneka jajanan kekinian.

Jajanan Tradisional Indonesia Berbahan Singkong


Jajanan Tradisional Berbahan Singkong


Jajanan tradisional berbahan singkong ini mungkin akan mudah kamu temui di daerah Jawa. Jenisnya cukup banyak, tapi saya akan menjelaskan 4 diantaranya saja.

Bacaan Menarik Lainnya:

1. Cenil

Cenil ini tak hanya enak, tapi penyajiannya juga cantik. Bentuknya bulat dan berwarna warni. Setelah ditaburi gula pasir dan parutan kelapa, kemudian ditusuk dengan tusuk bambu.

Ada bentuk lain dari cenil, yakni berbentuk lonjong kecil. Nah, kalau cenil yang ini biasanya di tempat saya namanya klanting. Sama-sama dinikmati bersama taburan kelapa, tapi gulanya pakai gula merah cair.

Sampai saat ini, saya sendiripun belum pasti betul. Apakah cenil dan klanting ini masuk kategori makanan yang sama atau nggak.

2. Getas

Nama lain getas adalah kemplang, tapi ini tuh bukan kemplang yang dari Palembang, ya. Tapi ini kemplang yang dari jawa.

Rasanya sangat nikmat, sekali coba kamu pasti bakal ketagihan. Kok saya sotoy banget? Soalnya saya adalah penggemar getas. Di tempat saya ada penjual kemplang di pasar yang laris manis.

Getas ini terbuat dari parutan singkong, lalu direbus dan dibentuk lonjong bulat. Setelah itu digoreng dan terakhir dimasak dengan gula yang sudah dikaramelisasi.

Bacaan Menarik Lainnya:

3. Jemblem

Saya ingat banget, dulu sewaktu kecil ibu saya sering membuat jemblem. Cara membuatnya amat sangat mudah dan simpel banget.

Parut singkong, beri sedikit garam, lalu bentuk singkong dengan bentuk lonjong bulat. Jangan lupa beri isian gula merah yang sudah dipotong-potong tipis. Tahap terakhir tinggal digoreng sampai kekuningan.

Mudah sekali bukan? Oh, ya. Jembleng ini kalau di Jawa Barat mungkin sama dengan gemblong atau misro.

4. Getuk

Wah kalau jajanan tradisional Indonesia yang satu ini sampai ada lagunya, loh. Getuk asale soko tole. Tahu nggak? Kalau orang Jawa pasti tahu deh.

Getuk ini terbuat dari singkong yang direbus. Kemudian dihaluskan dan dicampur dengan gula pasir. Setelah itu dibentuk-bentuk jadi kotak dan ditaburi dengan kelapa. Perpaduan gula, singkong, dan kelapanya benar-benar mantul del.

Semua jajanan tradisional Indonesia yang sudah saya sebutkan sampai saat ini masih banyak di jual loh di pasar-pasar tradisional. So, kalau lagi belanja jangan lupa membelinya, ya!

Note: Artikel ini ditulis oleh Luluk Sobari, Lifestyle Bloger and Gardening Enthusiast

Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar